Peneliti melihat potensi dedak padi dalam pengobatan penyakit kardiovaskular

Peneliti melihat potensi dedak padi dalam pengobatan penyakit kardiovaskular

Penelitian telah menemukan bahwa dedak padi dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk penyakit kardiovaskular. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal BMC Supplementary and Alternative Medicine, mengungkapkan bahwa ekstrak dedak padi dapat mencegah pembentukan bekuan darah dengan menghambat agregasi platelet darah.

Untuk penelitian ini, para peneliti dari Malaysia dan Cina melihat efek dari ekstrak brancosanol beras kasar pada penumpukan plak, atau agregasi trombosit dalam darah, yang menyebabkan pembentukan bekuan darah. Trombosit memainkan peran penting dalam aterosklerosis dan penyakit kardiovaskular. Selain itu, peningkatan aktivitas trombosit dapat menyebabkan trombosis arteri atau gangguan perdarahan akut. Pada saat yang sama, dipercaya bahwa bekatul memberikan manfaat bagi kesehatan, terutama untuk sistem kardiovaskular.

Dalam studi tersebut, para peneliti menginduksi agregasi trombosit melalui adenosine difosfat (ADP), kolagen, dan asam arakidonat. Mereka juga mengobati bekas trombosit tikus pada berbagai konsentrasi dedak padi branosanol. Selain itu, mereka menilai adhesi platelet pada permukaan kolagen dan laminin laminat, dan mengukur efek ekstraksi polikosanol mentah pada protein yang dilepaskan dari pelat aktif.

Berdasarkan hasil, ekstrak dedak padi polikosanol secara signifikan menghambat agregasi trombosit dengan cara tergantung dosis dalam ADP, kolagen, dan asam arakidonat. Selain itu, pengobatan secara signifikan menghambat adhesi platelet dengan kolagen dan laminin dengan cara yang tergantung dosis. Selain itu, branasanas mengekstrak dedak padi dari sekresi protein seluler ke plak yang diobati ke rangsangan yang berbeda.

Hasil ini menunjukkan bahwa pengobatan ekstrak propanosanol dari dedak mentah dapat mencegah adhesi platelet, agregasi, dan ekskresi. Oleh karena itu, para peneliti menyimpulkan bahwa ekstrak dedak padi dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk disfungsi trombosit, mencegah dan mengobati masalah kardiovaskular.

Rice bran bisa menjadi makanan super
Rice bran adalah lapisan luar yang kaya akan nutrisi dari inti beras, yang diproduksi sebagai produk sampingan dari pengolahan beras putih. Meskipun bekatul dijual sebagai alternatif untuk gandum gandum atau oat, kebanyakan digunakan sebagai pakan ternak. Namun, diet sehat dapat bermanfaat karena sangat bergizi, menurut para ahli. Bahkan, jenis makanan besar ini bisa datang, menurut sebuah studi Amerika yang diterbitkan di majalah “Beras”.

Untuk penelitian ini, para peneliti di Colorado State University memeriksa tiga jenis beras AS yang digunakan dalam percobaan intervensi makanan manusia sebelumnya. Para peneliti menggunakan metode yang disebut diet metabolomics, atau Foodomics, yang menggunakan metode kompleks yang disebut spektrometri massa. Metode ini membantu mengidentifikasi dan mengukur jumlah banyak molekul berbeda yang ada dalam makanan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dedak padi mengandung 453 metabolit, termasuk 65 yang telah terbukti memiliki sifat medis yang potensial dan meningkatkan kesehatan dan 16 sebelumnya belum pernah dilaporkan untuk dedak padi.

Para peneliti menemukan bahwa dedak beras sangat kaya vitamin B, seperti tiamin, niacin, dan B6. Vitamin B ini memainkan peran kunci dalam produksi energi dan kesehatan kardiovaskular dan menangkal depresi. Para peneliti menemukan bahwa satu porsi dedak padi – atau 28 gram – menyediakan lebih dari separuh kebutuhan sehari-hari dari vitamin penting seperti tiamin, niacin, dan vitamin B6.

“Ini belum banyak digunakan dalam kesehatan manusia dan nutrisi karena dianggap sebagai pakan ternak, tetapi nilai gizinya yang tinggi membutuhkan lebih banyak perhatian pada kesehatan masyarakat,” kata Elizabeth Ryan, penulis studi tersebut.

Rice bran umumnya digunakan sebagai sumber serat yang murah dan merupakan sumber lemak yang bermanfaat, seperti minyak goreng. Namun, itu sebenarnya bisa menjadi makanan kesehatan yang bermanfaat yang dapat ditambahkan ke banyak makanan, termasuk sereal, roti, kue atau berubah menjadi minuman jus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *