Menghirup aroma teh hitam dapat mengurangi tingkat stres, menurut sebuah penelitian

Menghirup aroma teh hitam dapat mengurangi tingkat stres, menurut sebuah penelitian

Diketahui bahwa meminum teh hitam memberikan manfaat kesehatan mental, tetapi bagaimana dengan menghirup aromanya? Penelitian telah menemukan bahwa menghirup bau teh hitam dapat mengurangi tingkat stres sebelum dan sesudah peristiwa neurologis. Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Physiological Anthropology, efek pengenceran dua jenis teh hitam (Assam dan Darjeeling) dievaluasi sebagai aroma pada stres fisik dan psikologis.

Sebuah tim peneliti di Universitas Shizuoka, Universitas Chubu, Mitsui Noorin Ltd. dan Universitas Tokai di Jepang merekrut 18 orang sehat antara usia 20 dan 21 untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Tim peneliti menginstruksikan para peserta untuk tidak mengonsumsi apa pun kecuali air selama tiga jam sebelum setiap percobaan dimulai.

Tim kemudian memberi tekanan pada peserta menggunakan tes psikososial yang disebut Oshida-Kriblin. Tes ini mencakup masalah matematika yang harus diselesaikan dalam 30 menit, dibagi menjadi dua sesi 15 menit. Di antara sesi, para peserta diinstruksikan untuk menghirup bau teh hitam atau paparan air hangat selama satu menit.

Selanjutnya, tim peneliti menggunakan tingkat chromogranin A (CgA), protein asam yang diproduksi sebagai respons terhadap stres, sebagai indikator tekanan untuk menentukan efek menghirup teh hitam pada peserta.

Berdasarkan hasil, peserta yang menghirup bau teh hitam menunjukkan kadar konsentrasi CgA yang lebih rendah daripada saliva setelah 30 menit tugas berat, dibandingkan dengan mereka yang hanya terpapar air hangat.

Selain itu, masing-masing dari teh hitam menyebabkan efek yang sama, meskipun bau teh Darjeeling memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dari komponen anti-stres, seperti Hecsanall, Hecsanol, dan linalool, dibandingkan dengan Alasam teh hitam. Hexanal dan hexanol telah dilaporkan sebelumnya untuk mengurangi respon stres mental pada tikus, sementara linalool memiliki efek menenangkan.

“Hasil di atas menunjukkan bahwa menghirup aroma teh hitam dapat mengurangi tingkat stres yang disebabkan oleh komputasi komputasional stres. Aroma Darjeeling cenderung meningkatkan suasana hati sebelum kehamilan,” tim peneliti menulis.

Persiapan teh hitam dan manfaat kesehatan lainnya
Teh hitam mungkin yang paling umum di antara tiga jenis utama teh, termasuk hijau dan oolong. Meskipun semua jenis teh berasal dari pabrik yang sama, masing-masing jenis diperlakukan berbeda. Tunas segar pertama diambil untuk teh hitam, kemudian layu, bungkus, minuman, dan kering.

Persiapan teh hitam

Menggunakan kasa tas, letakkan satu sendok teh teh hitam per cangkir air panas.
Biarkan teh minum selama empat hingga delapan menit sampai teh mendapat cukup waktu untuk melepaskan tannin yang paling sedatif.

Tambahkan beberapa jus lemon ke teh jika Anda menggunakannya sebagai obat dingin.
Manfaat teh hitam

Teh hitam meredakan diare: Sebagian besar efek menguntungkan teh hitam dapat dikaitkan terutama dengan tanin, yang memberikan efek menenangkan pada pikiran dan tubuh. Tanin ini membantu mengurangi diare dengan mengurangi aktivitas usus dan mempraktekkan efek anti-diare. Saat menggunakan teh hitam sebagai pengobatan untuk diare, biarkan selama 15 menit untuk melepaskan lebih banyak tannin.

Teh Hitam Meningkatkan Konsentrasi: Kandungan kafein teh hitam bertanggung jawab untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi mental. Minum tiga cangkir teh hitam setiap hari dapat meningkatkan kinerja mental. (Terkait: Secangkir teh hitam setiap hari mengurangi risiko penyakit Parkinson dengan 71 persen mengejutkan.)

Teh hitam mengurangi kadar kolesterol: teh hitam mengandung teofilin, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Untuk menurunkan kadar LDL, konsumsi dua cangkir teh hitam per hari selama tiga minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *